www.java-collections.com

5 Sifat Ide Bisnis yang Memiliki Potensi Keberhasilan


5 Sifat Ide Bisnis yang Memiliki Potensi Keberhasilan
Bagaimana cara pengusaha dapat membawa produknya menembus pasar? Sebelum menginvestasikan sejumlah uang, energi, dan waktu, pengusaha perlu memiliki ide bisnis yang berwawasan jauh ke depan. Ide bisnis yang berhasil – profitable, cepat mendapatkan izin usaha, dan tidak mahal – memiliki beberapa sifat tertentu.
Berikut lima sifat yang perlu dimiliki oleh sebuah ide bisnis yang memiliki potensi keberhasilan:
Pasar yang besar
Sebuah indikator dari pasar yang besar adalah jika ada produk lain yang tujuannya memberi solusi bagi suatu permasalahan yang sama dari konsumen. Jika ide bisnis seorang pengusaha begitu revolusioner yang bahkan tidak ada satu pun produk lain yang berfungsi sama sepertinya, hal tersebut memberikan tantangan bagi ide tersebut. Bukan berarti ide tersebut tidak bagus, hanya saja akan sulit untuk dieksekusi.
Teknologi manufaktur yang sudah ada
Banyak pengusaha tidak peduli akan realitas manufaktur sampai mereka menyadari keterlambatannya. Produk yang membutuhkan kreasi dari peralatan manufaktur baru sangat menghabiskan biaya. Sebaiknya pengusaha mengontak kontraktor manufaktur untuk menentukan bagaimana produk dari sebuah ide bisnis tersebut dapat dibuat.
Harga jual eceran yang bersaing
Dari harga produksi – manufaktur, pengusaha dapat memperkirakan harga jual eceran produk. Apabila harga jual produk secara signifikan lebih mahal dari produk lain yang sama, maka akan sulit bersaing. Ritel tidak akan mau membeli produk yang harganya tidak sesuai dengan titik harga yang efektif.
Manfaat yang diringkas dalam satu kalimat
Menjual produk adalah menjual keuntungan, bukan menjual ide. Keuntungan adalah apa yang memotivasi konsumen untuk membeli produk tersebut. Manfaat yang ringkas dalam satu kalimat – misalnya, “Dengan Pond’s, Putih dan Bersinar itu Mudah” – memberikan gambaran keuntungan yang jelas bagi konsumen.
Jika seorang pengusaha tidak mampu merinci keuntungan produknya dalam satu kalimat yang jelas, itu bisa menjadi indikator keuntungan dari ide bisnis tersebut kurang kuat atau mungkin tidak memiliki keuntungan.
Petunjuk pemakaian produk yang mudah
Selain mampu menjabarkan keuntungan dari sebuah ide dalam satu kalimat, seorang pengusaha juga harus memastikan bahwa produknya mudah digunakan. Penggunaan simbol pada kemasan produk dapat membantu.
Sebuah ide bisnis akan sulit diterima oleh pasar apabila cara penggunaan produknya terlalu sulit, bahkan hanya akan menambah ongkos produksi. Konsumen ingin masalah mereka selesai dengan solusi yang mudah dalam aplikasinya.
Nah, coba dicek kembali apakah ide bisnis Anda sudah memiliki sifat-sifat tersebut?

0 komentar: