www.java-collections.com

Usaha Cafe Pancake

Usaha Cafe Pancake

Pancake saat ini sudah menjadi cake favorit banyak orang, sebagian besar orang memiliki kesukaan pancake-nya masing-masing. Namun hanya sedikit orang yang bisa membuat atau memiliki waktu untuk membuat pancake. Untuk itulah peluang usaha cafe pancake bermunculan, harga untuk satu porsi pancake juga cukup mahal. Ini dikarenakan pancake masih dimasukan dalam cake kelas atas, itulah sebabnya usaha cafe pancake semakin bermunculan dan menguntungkan.

Siapa yang belum pernah merasakan nikmatnya Pancake, kue jenis ini sangat lembut dan berisikan berbagai rasa yang menggoda lidah kita. Sebetulnya membuat pancake itu tidak terlalu sulit, walau begitu karena banyaknya kesibukan sebagian besar orang enggan membuatnya sendiri. Pancake yang enak tentu memiliki resep pancake istimewa tersendiri, seperti Resep Cake Cranberry, Resep Pancake Eskrim, Resep Pancake Ricotta yang bisa dijadikan acuan dan di inovasi sesuai selera dan target pasar usaha cafe pancake kita.


Deskripsi Usaha Cafe Pancake


Target Usaha
Target pasar kita adalah kalangan menengah keatas, karena umumnya kelas inilah yang sering menyukai pancake dan jenis cake lainnya. Untuk itu kita mengetahui kebiasaan, tempat berkumpul, lingkungan dan lainnya.

Lokasi Usaha
Lokasi usaha harus berada di tempat banyak berkumpul atau lingkungan tempat kalangan kelas menengah keatas sebagai target pasar kita. Lokasi ini bisa ditengah pusat perbelanjaan, MAL, gedung perkantoran maupun pinggiran jalan protokol yang banyak terdapat perkantoran. Kita harus mencari lokasi usaha yang paling strategis dan mudah diakses, parkiran yang luas dan terlihat dengan jelas. Tempat usaha cafe pancake harus kita dekorasi dengan sebaik mungkin hingga menimbulkan kesan nyaman, aman, uniq dan mencirikan apa yang kita jual.

Peralatan Usaha cafe Pancake

Untuk membuat sebuah pancake cafe memang harus mengeluarkan modal yang cukup besar. Kita mesti menyiapkan desain interior yang bisa menelan puluhan juta rupiah, selain itu peralatan makan, meja kursi dan perlengkapan lainnya. Untuk peralatan memasak juga kita mesti menyiapkan oven, fryer, pastru, gridel dan lain sebagainya. Namun bila modal kita kurang menycukupi bisa di akali dengan membuat interior desain yang lebih murah bergayakan uniq dan go green(yang berdasarkan kayu dan banbum misalnya), begitu juga peralatan memasak alami yang sederhana namun bisa berfungsi dengan baik.

Karyawan
Untuk usaha cafe pancake kita memang membutuhkan karyawan yang cukup seperti pelayan, kasir, juru masak dll. Bila kita ingin terjun langsung kita bisa menjadi manager di cafe pancake yang kita miliki, yang harus kita awasi dengan cermat adalah bagian juru masak agar kwalitas terjaga. Kita juga harus mengawasi bagian frontliner kita (kasir, server dll) menyangkut masalah keuangan supaya tidak terjadi kebocoran.

Promosi dan Pemasaran
Untuk usaha sekelas cafe, kita tentu mesti mengenalkannya pada pada calon pelanggan kita. Menyebarkan brosur adalah salah satu langkah yang tepat, sebarlah brosur di pintu masuk pusat perbelanjaan tempat usaha UKM kita berada, bisa juga menyebar di perkantoran, perumahan elite dll. Kita juga mesti memanfaatkan social media seperti Facebook dan twitter, begitu juga dengan membuat website perusahaan guna mendukung usaha kita. Desain Cafe kita yang uniq adalah salah satu bentuk promosi yang konkrit disamping rasa yang enak.

Resiko Usaha
Rasa pancake yang kurang enak atau harga yang terlalu tinggi akan menghilangkan pelanggan kita. Tiga bulan pertama adalah masa-masa sulit bagi semua usaha termasuk usaha cafe pancake ini, bila kita bisa melewatinya dengan baik biasanya usaha kita akan cepat bangkit. Selamat mencoba peluang usaha cafe pancake ini.

0 komentar: